Mengenal Jenis Burung Blackthroat dan Pewaratannya

Burung blackthroat mempunyai jenis nama lain yaitu serinus atrogularis yang memiliki ciri-ciri dan keunggulan, diantara keunggulan burung ini yaitu mempunyai suara khas kicauan yang merdu. Pada waktu berkicau, blackthroat bersuara dengan nada yang khas dimiliki burung tersebut sehingga membuat para pecintanya terkagum-kagum, suara kicauan burung ini sangat panjang dan bervariasi naik turun tidak berjedah layaknya tetesan air terjun.

Burung balckthroat 1
Asal mula dari jenis burung blackthroat yaitu dari belantar hutan afrika, waktu itu burung ini selalu ada di bagian pucuk pohon sama seperti burung yang lainnya. Dengan adanya suara kicauan yang sangat merdu sehingga banyak yang menjadikan hiasan dirumahan para pengemar burung ini dan dengan adanya suara aktif dari balckthroat sehingga mampu membawa suasana lebih bergema dengan kicauan indahnya.

Burung balckthroat 2

Kriteria sangkar blackthroat

Sangkar merupakan persiapan utama yang harus disediakan, karena akan menjadi pengaman terhadap siburung, sedangkan kriteria sangkar khusus burung ini yaitu minimal punya luas 300 cm untuk jenis sangkar yang persegi, sedangkan untuk ukuran bulat yaitu minimal mempunyai luas diameter 350 cm, ukuran tersebut merupakan ukuran sesuai setandart sangkar yang ada di Indonesia. Karena jenis ukuran sangat berpengaruh terhadap burung, jika sangkar mempunyai ukuran yang lebih akan membuat siburung leluasa dan rajin berkicau, tapi jangan lupa didalam sangkar yang kita buat harus disiapka tempat makanan dan minuman, serta tangkringan guna untuk burung pada saat bertengger merasakan kenyamanan.

Perawatan harian blackthroat

Perawatan dalam memelihara mahluk hidup sangat dbutuhkan, salah satunya yaitu perawatan terhadap burung blckthroat. Hal yang perlu dilakukan dalam perwatan harian yaitu membersihkan sangkarnya tiap pagi dan sore, selain itu juga memandikan siburung pada pagi hari, setelah selesai dimandikan langsung di gantung di daerah yang terkena sinar matahari sampai mengering.

Pemberian makanan

Salah satu yang sangat mendukung pada kesehatan burung yaitu dengan mengatur pola makan siburung, baik dari makanan tambahan maupun makanan pokok. Salah satu dari makanan pokok yaitu jenis biji-bijian yang berupa milet, jenis makanan ini merupakan jenis yang sudah tidak asing lagi di dunia master burung, untuk pemberian milet ini dilakukan setiap saat makan. Sedangkan makanan tambahan dari jenis burung blackthroat yaitu biji sawi dan lain-lain, makanan tersebut merupakan makanan tambahan, bisa dilakukan pemberian makan ini setiap seminggu sekali.

Demikian artikel diatas ini tentang mengenali Burung balckthroat, semoga dengan adanya ulasan diatas dapat membantu para pengemar balckthroat khususnya bagi para pemula.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *