15 Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Paling Akurat

Burung lovebird merupakan burung yang tak asing lagi di dengar pada kalangan masyarakat, baik di kota besar maupun pelosok desa dan kampung, karena burung lovebird mempunyai keunikan tersendiri baik dilihat dari bentuk tubuh dan bagian bulu yang sangat menggemaskan. Selain itu burung lovebird juga mempunyai banyak warna macam macam yang membuat para pecinta burung semakin tertarik untuk memelihara burung tersebut.

 

Membicarakan tentang burung yang mempunyai keunikan tersendiri saat ini lagi ngtren di dunia pasaran, karena burung lovebird mempunyai harga yang sangat menonjol di area penjualan, maka dari itu burung lovebird banyak orang yang menjadikan sumber pendapatan dengan cara berbudidaya (ternak) disisi lain orang yang gemar pada burung lovebird juga suka bunyi burung tersebut sehingga para orang pecinta burung ini mengadakan perlombaan bunyi burung yang paling panjang, siapa yang mempunyai burung berbunyi panjang maka itu yang jadi juaranya.

Tidak heran lagi jika burung lovebird banyak penggemarnya, tapi perlu kita ketahui bagi para pecinta lovebird bahwa disaat kita menggemari burung  maka kita tidak boleh tidak di tuntut untuk mengetahui jenis kelamin jantan dan betina dari burung burung tersebut. Karena tidak semua orang akan bisa membedakan dari jenis kelamin burung ini, sebab untuk mengetahui jenis kelamin jantan dan betina harus mempunyai banyak refrensi.

Burung lovebird juga dikenal dengan burung cinta, mengapa dikatakan dengan burung tersebut? Karena yang satu ini burung yang suka berduaan berbeda dengan burung yang lainya, melihat dari nama burung tersebut kita sudah jalas kalau burung lovebird pantas dijuluki burung cinta, tidak heran lagi jika para penggemar burung lovebird menjadikan sebuah sumber pendapatan yang paling gampang, karena jarang jika sebuah hobi akan dijadikan sumber pendapatan (untuk dijadikan bisnis) tapi yang paling penting disaat kita ingin melihara lovebird dan berbudidaya burung ini yang kita harus ketahui adalah kita harus mengetahui jenis kelamin jantan dan jenis kelamin betina karena dengan mengetahui seperti itu kita bisa mengawinkan burung yang kita pelihara maka itu kita bisa mendapatkan hasil dari hobi kita. Disini saya akan memberikan informasi tentang cara bagaimana mengetahui jenis kelamin lovebird jantan dan lovebird betina secara benar dan mudah.

Cara mengetahui jenis kelamin lovebird betina

  1. Pada bagian fisik lovebird betina badan lebih besar.
  2. Daerah bagian kepalanya lebih melengkung di banding lovebird jantan.
  3. Dilihat pada bagian belakang ekornya tidak runcing/tumpul melainkan berbentuk huruf “U”.
  4. Disaat kita melihat sayap lovebird betina, letak kedua ujung sayapnya tidak sampai menyentuh.
  5. Pada waktu lovebird bertengger posisi kakinya lebih ngangkang/melebar.
  6. Pada daerah tulang pubis lovebird betina lebih melebar.
  7. Kelakuan pada saat birahi lovebird betina cendrung merunduk dan membuka sayapnya.
  8. Bentuk bagian lubang hidung bulat dan lebar.
  9. Pada bigian lubang anusnya lebih lebar.
  10. Pada saat lovebird betina ngekek lebih cendrung pendek.
  11. Pada bagian paruh lovebird betina bentuk paruhnya lebih melebar dan dan tumpul.
  12. Mengecek dengan cara pakai cicin mas dengan memberikan tali dan menggantung pada bagian atas kepalanya berjarak 5-6cm apabila cincin  bergerak  melingkar maka burung tersebut betina.
  13. Lovebird betina punya inisiatif untuk mebuat sarang.
  14. Untuk mengetahui kelamin betina pada lovebird bisa dilakukan dengan cara tes DNA dengan mengambil sebagian bulu dan darahnya.
  15. Lovebird betina juga bisa diketahui dengan adanya lingkar pada matanya, biasanya untuk lovebird betina ditandai dengan adanya lingkaran pada bagian matanya cendrung bulat.

Cara mengetahui jenis kelamin lovebird jantan

  1. Pada bagian fisik tubuh lebih kecil dari lovebird betina.
  2. Daearah kepala lovebird jantan lebih rata.
  3. Disaat dilihat dari belakang pada bagian ekornya cendrung lebih lancip dari pada lovebird betina / berbentuk hufuf “V”.
  4. Pada bagian kedua ujung sayap lovebird jantan saling ketemu/bersilang.
  5. Disaat lovebird jantan bertengger posisi pada bagian kakinya cendrung berdekatan(merapat).
  6. Kelakuan pada waktu birahi lovebird jantan selalu memanggut dan menaiki lovebird betina.
  7. Bentuk pada bagian hidung lovebird jantan cendrung lebih oval.
  8. Lovebird janta pada bagian lubang anusnya lebih kecil(sempit).
  9. Pada bagian paruh lovebird jantan lebih lancip di bandingkan punya paruh lovebird betina.
  10. Untuk mengecek jenis kelmin jantan juga bisa dengan cara menggunakan cincin emas yaitu dengan menggantungkan cincin  pada bagian atas kepalanya jarak 5-6 cm, jika cincin tersebut bergerak maju mundur maka burung tersebut mempunyai jenis kelamin jantan.
  11. Lovebird jantan mempunyai inesiatif untuk memberikan bahan untuk membuat sarang.
  12. Dengan melakukan tes DNA melalui buluh dan darahnya.
  13. Pada bagian lingkaran matanya untuk jenis kelamin jantan berbentuk lingkaran oval.
  14. Pada saat lovebird jantan ngekek berdurasi panjang.
  15. Pada daerah tulang pubis disaat disentuh lebih rapat di banding kelamin betina.

Ulasan di atas merupakan bagaimana cara mengetahui jenis kelamin lovebird jantan dan lovebird betina. Dengan begitu anda bisa menentukan mana yang paling pas untuk lomba, atau untuk mengetahui mana yang bagus untuk peranakan.

gambar lovebird jantan dan betina, lovebird yang suka bunyi jenis kelamin, membedakan lovebird jantan dan betina dari paruh, beda lobet jantan dan btina, lovebird isabel betina, Cara mengetahui jenis kelamin lb, burung parkit betina, jenis kelamin lovebird dariblubang hidung, perbedaan jantan dan betina lovebird, cara melihat kelamin labet