Cara Sukses Ternak Burung Lovebird Bagi Pemula Dilengkapi Dengan Gambarnya

Cara ternak burung lovebird bagi para pemula

Burung lovebird merupakan burung yang saat  ini paling digemari oleh para masyarakat Indonesia, dengan motif warna burung yang menarik dan bentuk tubuh yang mengemaskan. Burung lovebird mempunyai ketertarikan tersendiri diantara banyak burung, sehingga rata rata masyarakat Indonesia banyak yang hobi menernak burung lovebird. Situs ini akan memberikan tata cara berbudi daya burung lovebird, burung lovebird pada saat ini menjadi burung yang peminatnya agar terus bertambah, karena tidak hanya di kota-kota besar saja yang tertarik untuk memelihara burung lovebird, di perdesaan pun mulai banyak yang bermiant untuk memilikinya, bahkan sampai berminat untuk mengembangkannya. Lovebird berasal dari deaarah benua Afrika. Burung ini bersifat monogami, akan tetapi juga bisa dikembangbiakkan dengan cara poligami. Burung lovebird memiliki suara yang sangat berkarakter, terkenal dengan ngekek nya yang khas.

Adapun ternak lovebird bisa juga dibilang susah gampang, Akan tetapi jika sudah cukup pengalaman, maka akan tahu cara ternaknya, sehingga dapat bisa mengatasi segala permasalahan dan kebutuhan dari burung lovebird itu sendiri. Untuk lebih mengembangkan lovebird pun akan semakin gampang jika anda terus berusaha , terutama dalam hal perawatan serta mengatasi gangguan yang terjadi pada lovebird.

Biasanya memiliki tips sendiri-sendiri dalam mengembangbiakan burung yang sangat menarik ini. Agar bisa sukses berternak Lovebird, anda diharuskan mengetahui beberapa faktor-faktor penting yang akan mendukung kesuksesan pengembangbiakan burung, diantaranya adalah:

Membedakan jenis Kelamin Lovebird

Membedakan jenis Kelamin Lovebird


Bentuk badan Lovebird.

Bagian tubuh Lovebird jantan biasanya cenderung lebih kecil dari Lovebird betina. Dan daerah kepala Lovebird jantan berbentuk rata atau cepak, sedangkan Lovebird betina daerah kepalanya cenderung melengkung.

Kerakter Lovebird waktu birahi

Lovebird jantan biasanya berdiri dekat Lovebird betina sambil manggut. sedangkan, Lovebird jantan akan berbunyi tet tet. Terkadang juga Lovebird jantan melompati Lovebird betina, mondar-mandir sambil berbunyi memanggil pasanganya, meloloh Lovebird betina, gesek-gesek tangkringan, dan menaiki tubuh Lovebird sibetina.Sementara itu Lovebird betina akan merunduk dan membuka melebarkan sayapnya.

Lubang hidung Lovebird.

Pada bagian Lubang hidung Lovebird bisa digunakan untuk bisa menentukan dari jenis kelamin lovebird. Caranya bisa dilihat dengan memegang Lovebird tersebut, lalu ditiup pada bagian hidung.Jika lubang hidung Lovebird berbentuk oval, maka dapat dipastikan itu jenis kelamin Lovebird jantan.akan tetapi jika lubang hidung Lovebird berbentuk bulat lebar, maka dipastikan itu Lovebird betina.

Bentuk paruh Lovebird.

beberapa bentuk paruh Lovebird jantan lebih runcing atau mancung serta kecil, sementara bentuk paruh Lovebird betina cenderung tumpul, melebar, dan besar.

Menjodohkan burung Love bird

Mengawinkan Lovebird

Setelah kita sudah menentukan usia Lovebird pejantan dan betina, biasanya burung itu sudah siap untuk dijodohkan. Untuk Lovebird jantan usia minimal 8 bulan, dan untuk yang betina biasanya saat mencapai usia 11 bulan. satukan mereka didalam satu sangakar, biasanya mereka akan kawin, dan kemudian hasilnya bisa kita lihat antara 5 hingga 15 hari setelah perkawinan terjadi. Sedangkan waktu inkubasi (mengeram) berlangsung antara 20 hingga 30 hari. Proses mengeram tersebut sebaiknya jangan diganggu, kecuali apabila anak burung diabaikan oleh induknya.

  • Usia siap kawin

Burung Lovebird pejantan sudah siap untuk membuahi pada usia 8 bulan. Sedangkan untuk betina idealnya berusia 12 bulan.

  • Nyortir

Jika kita ingin menghasilkan burung Lovebird yang memiliki suara bagus(baik), sebaiknya anda memilih betina yang juga memiliki suara berkualitas. akan tetapi apabila kita menginginkan warna yang berkualitas, sebaiknya anda juga mencoba mengawinkan antara satu pejantan dengan beberapa betina yang berkualitas juga. Anda juga bisa melakukannya dengan metode poligami seperti satu pejantan dikawinkan dengan tiga betina atau lebih.

  • Sangkar Lovebird

Sangkar Lovebird

Dalam berternak lovebird biasanya akan lebih gampang dikembangbiakkan apabila dikumpulkan dalam jumlah yang banyak di dalam satu kandang. Dengan seperti itu, kita bisa membuat sebuah sangkar yang ukurannya antara 65 x 65 x 65 cm. akan tetapi, jangan sampai lupa untuk memberikan tempat bertelur (sarang) anda juga bisa membuatnya dari kotak yang berukuran 25 x 30 x 30 cm. Anda bisa mengisinya dengan daun kering padi , ranting-ranting, rumput kering atau sobekan kertas, anda juga bisa menambahkan serbuk gergaji yang tidak jelek. Serbuk gergaji akan berfungsi untuk menyerap bagi kotoran atau sesuatu yang lembab.jenis Jenis burung ini sangat suka bertengger sehingga usahakan untuk tidak lupa memberikannya tempat bertengger. Mungkin cara ini sederhana ternak burung lovebird bagi para pemula.

cara ternak burung LB supaya membuahkan hasil, cara ternak lovebird poligami yang benar dan cepat bertelur bagi pemula, Cara ternak burung lovebird beserta foto fotonya, cara ternak burung lovbirt dan gambarnya, cara ternak burung lovbird dan gambarnya, ternak lovebird pemula besrta gambanya, cara sukses ternak lovebird, cara pegang lovebird pemula, cara menjodohkan lovebird gestang, bentuk tubuh lovebird kusumo