22 Jenis Burung Lovebird di Indonesia dari yg Murah Sampai Termahal

Pada hari ini gemarburung akan menjelaskan mengenai jenis-jenis burung lovebird lokal dan import. Artikel ini berasal dari Suduthewan.com yang merupakan portal informasi dunia binatang yang selalu update dan bersumber akurat.

Burung Lovebird merupakan salah satu jenis burung yang menjadi favorti pecinta burung saat ini. Selain karena karakternya, burung Loverbird juga disukai karena variasinya yang banyak.

Jenis Burung Lovebird

Jika Anda saat ini tertarik mau memelihara burung Lovebird, maka terlebih dulu harus tahu semua jenis burung lovebird.

Kalau kita berbicara mengenai jenis, saat ini memang semakin banyak terutama karena banyaknya perkawinan silang yang dilakukan.

Alhasil variasi pilihan burung Lovebird jadi semakin indah. Lalu manakah jenis Loverbird yang paling bagus? Bagaimana kombinasi warnanya? Mahal atau tidak?

Mengenal Semua Jenis Burung Lovebird

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya jenis Lovebird saat ini memang banyak sekali. Lovebird sendiri kalau semakin unik warna dan coraknya, maka bisa saja semakin mahal harganya.

Umumnya kalau kita melihat di pasaran, kisaran harga paling mrah itu 100 ribuan dan termahal bisa sampai harga 200 ribuan. Sementara itu untuk beberapa jenis Lovebird terbaik, cek semua jenisnya dibawah ini:

Lovebird Violet

Untuk jenis burung lovebird pertama yaitu Lovebird Violet atau biru. Lovebird ini didominasi warna biru.

Selain itu terdapat juga warna keputihan yang bisa kita lihat pada bagian dada dan warna hitam pada kepala.

Lovebird Albino

Lovebird Albino memang punya warna putih bahkan seluruh tubuhnya. Ciri lain yang terkenal yaitu warna merah pada mata. Lovebird ini sendiri termasuk cukup langka, jadi harganya memang mahal.

Lovebird Batman

Kalau kita memperhatikan warna batman, maka akan sesuai sama Lovebird Batman ini.

Dominasi warna hitam dan abu-abu serta putihnya memang sangat khas. Apalagi kalau sudah dewasa, warnanya semakin bagus.

Lovebird Blorok

Jenis Lovebird Blorok ini merupakan jenis silangan yang berasal dari keturunan Blorok sendiri. Tentunya akan dilengkapi dengan warna putih dan warna lain. Jenis ini pun bisa menghasilkan banyak jenis lainnya.

Lovebird Fischer

Jenis burung lovebird selanjutnya yaitu Fischer yang memang ditemukan oleh Gustav Fischer. Lovebird ini dilengkapi dengan kombianasi 3 warna yaitu orange pada paruh, kuning pada leher dan hijau pada tubuhnya.

Lovebird Cobalt

Kalau kita perhatikan, Lovebird Cobalt ini warnanya cenderung seperti telur asin. Tapi sebenarnya ada juga yang warna violet. Ada juga tambahan warna seperti gelap atau putih pada leher.

Lovebird Halfsider

Lovebird Halfsider adalah jenis yang harus disilangkan dulu untuk memperolehnya. Burung Lovebird ini juga termasuk sangat langka ditemukan karena proses persilangan yang cenderung sulit.

Lovebird Biola

Burung yang punya nama lain Opaline Fischeri ini juga jadi salah satu Lovebird yang mahal. Burung ini dilengkapi dengan banyak warna bahkan mutasi unik. Harga paling mahal saat ini bisa mencapai 50 jutaan.

Lovebird Muka Merah

Lovebird muka merah adalnya dari Afrika Tengah sampai bagian barat negara Ethiopia. Burung Lovebird ini memiliki ciri khas dimana wajahnya sangat merah dengan tubuh yang warnanya hijau.

Lovebird Parblu

Jenis burung lovebird Parblu merupakan singkatan dari Partial Blue. Tapi untuk jenis yang paling populer dari Lovebird ini yaitu putih, kuning dan juga oranye.

Lovebird Lutino

Untuk Lovebird Lutino ini dilengkapi dengan 3 warna unik. Umumnya akan ada paruh yang warnanya merah, oranye pada leher, kepala dan dada. Selain itu untuk sayap, punggung sampai bagian bawah tubuh, berwarna kuning.

Lovebird Muka Salem

Lovebird satu ini asalnya dari negara Afrika seperti Angola dan Namibia. Lovebird Muka Salem memang punya dominasi warna hijau pada tubuh. Sementara itu dadanya cenderung berwarna oranye atau pink.

Lovebird Dakocan

Sesuai sama namanya, Lovebird Dakocan ini memang punya warna hitam pada bagian wajah. Kalau yang asli atau ori, umumnya akan terdapat warha hijau pada sayap dan ekor. Sementara itu dadanya warna kuning.

Lovebird Merah

Sesuai namanya Lovebird Merah dilengkapi dengan dominasi warna merah diseluruh tubuh. Tapi jenis ini juga terdapat warna seperti oranye yang agak kemerahan. Harganya juga termasuk mahal.

Lovebird Erwing

Erwing merupakan jenis Lovebird dari hasil silangan Lovebird Josan dan Lovebird Lutino Fischer. Alhasil pada bagian sayap akan berwarna kuing dan gelap. Bentuknya pun unik mirip huruf V.

Lovebird Paskun

Kalau kita lihat, mungkin Lovebird paskun atau pastel kuning ini mirip sama lutino. Tapi disini paskun cenderung punya warna kuning yang lebih soft dan tidak mencolok seperti lutino.

Lovebird Pasbir

Ada juga jenis burung lovebird Pasbir atau pastel biru. Lovebird yang satu ini snagat terkenal dengan warna putih dikepala sampai leher. Sementara itu sayap dan tubuh bawahnya berwarna biru.

Lovebird Pasput

Mungkin antara Lovebird pastel putih dan albino memang hampir mirip. Tapi tentunya Lovebird pasput ini warna putihnya cenderung kotor dan seringkali dilengkapi juga sama warna lain yang cukup samar.

Lovebird Josan

Lovebird Josan merupakan salah satu jenis yang terbanyak ditemukan dipasaran. Terutama karena jenis ini adalah yang paling mudah dibudidayakan. Harganya paling murah juga mencapai 100 ribuan saja.

Lovebird Pasjo

Burung Lovebird Pasjo atau pastel hijau merupakan jenis Lovebird yang dilengkapi dengan tubuh berwarna kuning dan hijau. Sementara itu pada bagian wajah dan leher lebih didominasi warna oranye.

Lovebird Olive

Kalau Anda mencari Lovebird hijau unik, mungkin bisa mencoba Lovebird Olive. Lovebird ini terbilang punya warna hijau berbeda dimana terdapat kombinasi warna kuning di leher dengan muka oranye.

Baca juga : Makanan Burung Lovebird

Bagaimana, semua jenis Lovebird tersebut sangat menarik bukan? Kalau Anda tertarik beli, jangan lupa pilih jenis terbaik ya! Itulah bahasan tentang jenis burung lovebird. Semoga bermanfaat.