3 Jenis Burung Pelatuk Yang Perlu Dikethui (Gambar)

Salah satu jenis burung yang dari ordo piciformes yaitu burung pelatuk, burung tersebut berkategori dalam spesies yang ditemukan diseluruh dunia, ada berapa jenis pelatuk berkategori ordo piciformes yang mempunyai kaki zigodagtil, dengan adanya salah satu dari dua jari kakinya menuju kedepan dan yang dua lainya mengarah kebelakang.

Jenis burung ini memperoleh nama dengan adanya pada kebiasaan sepsies yang menyadap, dan burung ini selalu mematuk pada bagian batang pohon dengan menggunakan paruh tajamnya itu. Hal tersebut guna untuk mencari larva serangga. Biasanya burung pelatuk ini berinesiatif dalam mencari terowongan dengan cara menyadap batang pohon, begitu salah satu trowongan ditemui, paruh burung pelatuk tersebut mulai memahat kayu sampai-sampai pada terowongan itu.

Pada saat membuat lubang guna untuk sarangnya dengan berukuran 15 sampai 45 cm (6 sampai 18 inch), adapun sarang-sarang tersebut hanya dilapisi dengan sebagian kepingan kayu. Rata-rata jenis burung ini hidup dengan berkelompok dalam kebisaan yang beraktivitas reproduksi di sepanjang tahun, untuk keberadaan pelatuk saat ini sudah mulai punah hal ini disebabkan dengan adanya habitat yang sudah mulai ditebang liar.

Adapun habitat mereka yaitu di kawasan hutan yang lembab dan terbuka meliputi pada daerah perkebunan kelapa sawit, hutan bakau dan semak beluakar. Pelatuk ini memiliki beberapa jenis pelatuk diantaranya yaitu:

Pelatuk ulam

PELATUK ULAM DENDROCOPUS MACEI 1
Pelatuk ulam (Dendrocopus macei) untuk daerah sundah yang sering menyebut dengan caladi ulam ini salah satu jenis burung masteran yang favoarit, selain itu burung ini juga memiliki suara kicauan yang tajam. Jenis burung ini ditadai dangan adanya dominasi warna hitam.

Pelatuk bawang

PELATUK BAWANG DINOPIUM JAVANSE
Pelatuk bawang (Dinopium javanse) yang lumrah dengan sebutan pelatuk besi ini mempunyai ciri khas pada bagian jambulnya yang terdapat warna merah warna pada bulunya dominasi warna hijau.

Pelatuk tungir emas

PELATUK TUNGIR EMAS CHRYSOCOLAPTES LUDICUS
Tungir emas (chrysocolaptes ludicus) adalah salah satu jenis pelatuk yang memiliki postur lebih besar dibandingkan dengan pelatuk yang lain. Pada bagian fisik hampir sama dengan pelatuk bawang, akan tetapi jika di teliti lagi ada sedikit perbedaan yaitu pada warna hitam di bagian matanya.

Demikianlah ulasan tentang pelatuk ini semoga dengan adanya ulasan di atas dapat menambah wawasan para penggemar burung yang masih kebingungan dengan macam-macam burung tersebut. Jangan lupa juga untuk membaca artikel mengenai harga lovebird muka salem.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *