Cara Perawatan Sangkar Burung yang Baik (Disertai Gambar)

Dalam memelihar burung yang sangat di butuhkan yaitu perawatan, salah satu yang harus dijaga dalam memelihara burung, kita harus bisa menjaga perawatan sangkar atau kandang si burung, agar kita tidak fokus terhada perawatan burung saja, karena sangkar merupakan salah satu benteng pengamanan pada burung, selain itu sangkar juga bisa mendukung atas aktifitas burung pada setiap harinya. Baca juga; Cara Perawatan Lovebird Biru Cobalt Untuk Dijadikan Masteran

Perawatan Sangkar

Untuk sekarang ini kita sudah banyak pilihan ukuran sangkar yang sudah ada di pasaran, sehingga biasanya para kalangan penggemsr burung tidak repot-repot dalam membuatnya melainkan langsung membeli sangkar yang sudah jadi, akan tetapi kita sebagai pecinta burung harus mengetahui bagai mana cara memilih sangkar yang sesuai standart kesukaan burung sehingga membuat siburung semakin betah dalam menghuninya, disini kami akan membahas tentang perawatan sangkar serta ukuran yang baik untuk semua jenis burung.

Perawatan Sangkar Burung yang Baik

Menentukan ukuran pada sangkar

Perawatan Sangkar

Ukuran sangkar hal yang sangat mendukung terhadap kualitas burung, karena jika kita menyediayakan sangkar yang berukuran kecil otomatis burung peliharaan kita selalu ingin keluar karena burung tersebut tidak akan betah dengan kondisi sangkar yang tidak sesuai ukura, sebenar dalam menentukan ukuran sangkar burung kita terlebih dahulu harus melihat ukuran postur tubuh burung, jika ukuran tubuh seperti jenis burung lovebird dan yang setara maka untuk ukuran sangakarnya minimal berukuran 70 cm x 45 cm, ukuran yang seperti itu akan membuat siburung lebih betah.

Membersihkan kotoran

Perawatan Sangkar

Setelah ukuran sudah pas sesuai dengan ukuran setandart yang GemarBurung.com sebutkan diatas, perawatan selanjutnya yaitu membersihkan kotoran pada sangkar atau kandangnya, karena jika kotaran siburung tidak dibersihkan dengan rutin, maka pada kotorannya nanti akan ada kuman yang bisa mengalir terhadap burung, sehingga membuat burung menjadi terserang penyakit. Maka dari itu untuk menjaga kesehatan burung agar selalu menjaga kebersihan terhadap kotoran yang ada di sangkarnya. Untuk waktu pembersia bisa dilakukan setiap hari pagi dan sore menjelang malam.

Membersihkan tempat pakan dan minum

Perawatan Sangkar

Yang harus dijaga dalam merawat sangkar yakni membersihkan tempat pakan dan minuman burung, karena jika kedua wadah tersebut tidak dibersihkan akan berlumut serta sisa makanan burung yang sudah tidak dimakan menjadi basi, nah untuk menjaga siburung agar tetap sehat, lakukan pembersian kedua wadah tersebut. Untuk pemebersiannya bisa dilakukan satu minggu dua kali.

Kualitas pada sangkar

Perawatan Sangkar

Dan yang terakhir yang harus kita ketahui dalam menyedikan sangkar burung, kita harus mengetahui tentang bahan sangkar yang kita pakai, karena jika bahan sangkar kayu atau pun bambu akan gampang rusak dan membuat burung kesayangan kita menjadi kabur. Kami menyarankan anda menyediakan sangkar yang kokoh tahan banting serta menjaga dari gangguan binatang buas.