5 Model Kandang Ternak Cucak Ijo Untuk Penangkaran

Di Indonesia ini masih belum banyak yang melakukan proses penangkaran terhadap burung cucak ijjo, entah populasi burung jenis ini masih banyak yang terdapat di alam liar sana atau memang sudah tidak mengetahui tentang cara penangkarannya. Menangkar (berternak) burung cucak ijo sebenarnya tidak tidak terlalu sulit, kadang yang memang menjadi faktor kendala yaitu kita masih belum mengtahui jenis kandang ternak cucak ijo yang dapat membuat burung cepat melakukan reproduksi.

Kandang ternak cucak ijo
Membuat ataupun membeli kandang ternak cucak ijo memang aktifitas yang diharuskan untuk mengetahui terlebih dahulu dari banyaknya dan besarnya burung cucak ijo pada saat kita ingin menangkarnya, maka dari itu kita bisa menyesuaikan. Selain itu dalam menangkar cucak ijo kita juga harus mengetahui perawatan tentang penangkarannya. Yang kami akan bahas pada artikel ini tentang kandang ternak cucak ijo, untuk lebih baiknya silahkan simak ulasan di bawah ini:

Baca Juga : 7 Setingan Rahasia Cucak Ijo Sebelum Lomba

Contoh Standart Jenis Kandang Ternak Cucak Ijo

Jenis Sangkar Penangkaran Cucak Ijo

Jenis Sangkar Penangkaran Cucak Ijo

Jenis Sangkar Penangkaran Cucak Ijo

 

Jenis Sangkar Penangkaran Cucak Ijo

Cara merawat kandang burung khusus penangkar

Perawatan tidak hanya fokus terhadap burung saja namun juga yang perlu di rawat yakni tentang kedaan sangkar baik dari kondisi sangkarnya sendiri maupun kebersihannya. Adapun perawatan kandang ternak cucak ijo yaitu sebagai berikut:

Melakukan pemberishan kotoran

Perawatan sangkar yang paling penting yaitu melakukan pembersihan kotoran, karena jika kotoran tidak pernah di bersihkan dan sampai akhirnya bertumpuk, yang akhirnya dapat menyebabkan datangnya penyakit yang bersumber dari kotoran yang sudah terdapat banyak bakterinya. Pada saat membersihkan agar dibersihkan sebersih mungkin, lebih bagus jika pembersihan dapat dilakukan setiap hari.

Melakukan pembersihan tempat minum

Pembersihan tempat minuman pada burung merupakan perawatan sangkar kedua yang juga di anjurkan untuk selalu dibersihkan, sebab jika tempat minum tidak bersihkan dengan lebih sering akan timbul lumut pada sisi tempat minumannya, yang nantinya akan mengurangi kesehatan terhadap burung cucak ijo yang kita tangkar.

Membersihkan tempat pakan

Perawatan sangkar selain kedua poin diatas yaitu membersihkan tempat pakan burung, karena jika tempat pakan tidak dilkukan dengan rutin minimal satu minggu 1x, akan berdampak tidak bagus pada kesehatan burung. Sebab tempat burung yang tidak dilakukan pembersihan sama sekali akan menyebabkan makan sisanya menjadi basi yang nantinya bisa mengundang penyakit.

gambar kandang ternak cucak ijo, kandang ternak cucak ijo minimalis, Ukuran kandang ternak cucak ijo, ternak cucak ijo kandang minimalis, contoh kandang ternak cucak ijo, kandang ternak cucak ijo, ukuran kandang ternak cak ijo, contoh dan ukuran kandang untuk panangkaran ci, ukuran kandang cucak ijo, kandang untuk ternak cucak ijo