Harga Cucak Rowo Terbaru Lengkap dengan Jenis Dan Ciri-cirinya

Burung cucak rowo yang memiliki nama ilmiah pycnonotus zeylanicus merupakan jenis burung kicau dari salah satu suku pycnonotidae, burung tersebut terkenal dengan nama cucak rawa dalam bahasa jawanya sedangkan kata melayunya yaitu barau-barau dan bagi orang sunda biasanya mengatakan dengan cangkurawah, burung ini pada bagian kepalanya memiliki warna kuning kecoklatan dan cenderung lebih pucat.


Cucak rowo yang mempunyai nama lain dalam bahasa ingris Straw-headed Bulbul ini termasuk salah satu burung yang memiliki banyak pengemar, sebab burung tersebut memiliki kicauan yang cukup merdu. Untuk daerah pulau jawa burung cucak ini sudah mulai menyusut dikarenakan dangan banyaknya perburuan pada tahun 80an. Jika tidak ada tindakan dalam penyelamatan terhadap burung tersebut mungkin beberapa tahun kedepan cucak rowo bisa punah dan hanya tinggal sebuah nyanyiannya saja.

Tempat burung ini menyerupai dangan arti namanya sendiri. Biasanya burung ini selalu berada di tepi hutan, rawa-rawa, paya dan disekitar sungai. Burung ini sering menyembunyikan diri dibalik daun-daun dan sambil mengeluarkan suara khasnya yang cukup keras dibandingkan dengan cucak yang lain. Sedangkan untuk makanan, jenis burung ini memakan siput air, hewan sejenis serangga dan buah-buahan yang tidak keras.

Ciri-ciri burung cucak rowo

  1. Memiliki ukuran postur tubuh dengan panjang 28 cm.
  2. Terdapat mahkota pada sisi atas bagian kepalanya.
  3. Pada bagian penutup telinganya memiliki warna kuning jerami atau berwarna jingga.
  4. Garis kekang yang terlintas pada bagian mata.
  5. Setrip malar pada bagian sisi dagunya.
  6. Sedangkan ekor dan sayapnya berwarna kehijauan.
  7. Daerah tenggorokan dan dagunya terdapat warna putih.
  8. Bagian perutnya berwarna abu-abu.
  9. Terdapat warna kuning pada bagian pantatnya.

Jenis-jenis burung cucak rowo

Burung cucak rowo kalimantan

Burung cucak ini mempunyai ukuran postur tubuh yang cukup kecil dibandingkan dengan burung cucak asal dari sumatera, dan memiliki warna hijau pada bagian bulunya yang cenderung lebih pucat. Cucak kalimantan mempunyai suara kicauan yang lambat dan variasi iramanya tidak terlalu banyak.

Burung cucak rowo riau dan jambi

Postur tubuh burung ini cukuplah pendek di bandingkan dengan burung cucak rowo medan dan tidak mempunyai dada bidang seperti halnya cucak lampung, akan tetapi memiliki kemiripan suara kicauan dengan cucak rowo lampung.

Burung cucak rowo lampung

Burung cucak ini tidak mempunyai suara kicauan yang lebih keras dari pada cucak rowo medan akan tetapi memiliki suara kicauan yang cepat, serta variasi iramanya sedikit. Burung tersebut juga mempuyai ukuran postur tubuh yang sama seperti cucak medan, akan tetapi panjang tubuhnya pendek dan bentuk fisik yang kekar.

Burung cucak rowo aceh

Jenis cucak rowo aceh ini memiliki warna bulu hijau yang cukup cerah dibandingkan dengan cucak rowo yang lain, serta memiliki ukuran tubuh yang yang mirip dengan cucak medan, sehingga membuat kesulitan untuk membedakan kedua jenis tersebut.

Burung cucak rowo medan

Jenis cucak medan ini mempunyai ukuran yang cukup besar dari pada jenis lainya dan tubuh lebih keras serta padat ketika di pegang, sedangkan pada warna bulunya berwarna hijau ke abu-abuan yang tampak lebih bersih. Burung tersebut mempunyai ciri khas kicauan suaranya berat tapi tidak terlalu tebal dan lebih keras. Burung inilah yang paling terpopuler pada kalangan pecinta burung.

Daftar harga cucak rowo

  • Cucak rowo aceh memiliki harga pasaran Rp. 7.000.000.
  • Cucak rowo Sumatra memiliki harga pasaran 9.000.000.
  • Cucak rowo bakalan memiliki harga pasaran 5.000.000.
  • Cucak rowo papua memiliki harga pasaran 800.000.

Daftar harga di atas merupakan harga yang sesuai dengan adanya harga pasaran yang sewaktu selalu ada perubahan harga, jadi para pecinta burung ini agar selalu mengecek harga pada pasaranya. Demikianlah ulasan tentang harga cucak rowo, semoga dengan adanya artikel di atas dapat membantu para pecinta burung cucak dan bisa bermanfaat.