Cara Perawatan Burung Cucak Rawa Yang Baik

Setelah artikel sebelumnya membahas tentang harga burung cucak rawa, nah pada pertemuan kali ini kami akan membahas tentang cara perwatan burung cucak rawa. Burung jenis ini merupakan jenis burung yang memiliki suara kicauan yang lebih lantang dan keras sehingga banyak para pecinta cucak rawa menjadikan burung masteran dan di ikutkan kontes, untuk pada saat ini cucak ini sudah mulailah punah yaitu dengan banyaknya penagkaran membuat siburung cucak rawa semakin langkah.


Untuk perawatan jenis cucak rawa ini sebenarnya tidak terlalu sulit, banyak para penggemarnya yang mengatakan jika perawatanya sangatlah mudah hampir sama dengan merawat jenis burung kicauan yang lainya, akan tetapi yang perlu kita ketahui sebulum merawat burung jenis ini harus mengetahui terlebih dahulu tentang karakter siburung, sedangkan unutk karakter jenis burung cucak rowo sendiri terdapat 3 karakter yaitu:

Gampang jinak

Burung cucak rawa termasuk burung yang sangat mudah untuk menjadi jinak

Gampang stress dan panik

Biasanya jenis burung ini cepat setres ataupun sering panic, hal ini ini biasanya terjadi pada saat siburung merasa terancam dari hewan-hewan buas seperti kucing dan tikus.

Sulit beradaptasi

Biasanya cucak rawa agak sulit dalam ber adaptasi dalam lingkungan yang baru seperti halnya, perpindahan tempat ataupun sangkar, pada saat burung ini berada ditempat yang baru akan membuat siburung layaknya akan kabur dan tidak nafsu makan.

Setelah selesai mengetahui kerakter cucak rawa di atas, tahap selanjutnya yang perlu kita ketahui yaitu tentang ciri burung cucak rawa yang sangat baik unutk di pelihara diantaranya yaitu:

  • Mempunyai leher yang lebih panjang dan padat berisi, ciri seperti ini akan memili suara yang lebih berpower secara maksimal.
  • Gerak gerik burung yang lebih lincah danmemiliki nafsu makan yang lebih, karena hal tersebut merupakan hal akan menjamin siburung lebih sehat.
  • Rajin mengeluarkan suara kicauanya, pada saat siburung rajin berbunyai tidak dapat dikawatirkan lagi jika hal tersebut termasuk burung yang bisa dijadikan sebagai burung masteran.
  • Pada saat kakinya bertengger memiliki tenaga yang lebih kuat dan bagian sayapnya lebih mengepit lebih rapat, hal tersebut akan menandakan siburung dalam keadaan sehat dan bersetamina.
  • Memiliki paruh yang bagian pangkalnya lebih tebal dan lebar dan pada bagian bawahnya tidak begkok melainkan berbentuk lurus dan lubang hidung yang memiliki posisi lebih dekat dengan mata.
  • Untuk ukuran postur tubuhnya pilihlah tang memiliki ukuran yang lebih panjang dan besar hal tersebut merupakan postur yang sangat baik untuk dipelihara lebih lanjut.

Cara perawatan burung cucak rawa yang baik

  • Lakukan setiap hari untuk pembersihan kotoran siburung yaitu pada pagi hari dan sore hari guna untuk tidak ada
  • kuman kotoran yang menular pada burung dan membuatnya lebih sehat.
  • Setelah pembersian kotoran selesai, lakukan pembersian tempat makan dan minum sebersih mungkin.
  • Pada pagi hari buatlah aktivitas pada siburung memliputi memandikan dan penjemuran, untuk pemandianya senidiri bisa memandikan dengan cara menyemprot, setelah itu langsung lakukan penjemuran di area yang banyak angin dengan wak 1 jam.
  • Pemberian makanan berikan pada selesai di mandikan, berikan pakan secukupnya yang tidak berlebihan sehingga makanan berlebihan membuat tumpah.
  • Setelah aktivitas diatas selesai lakuakan pemasteran terhadap siburung yaitu dengan cara menyelimuti sangkarnya dan memberikan suara mp3 kicauan burung.

Baca juga:

Cara di atas merupakan cara perawatan burung cucak rawa harian yang dapat membuat siburung menjadi kualitas dan lebih hidup sehat, demikianlah ulasan ini semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu para penggemar burung cucak rowo khususnya bagi para pemula.