4 Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Gelatik Beserata Daftar Harga Terbaru

Burung gelatik yang mempunyai sebutan dengan kata lain padda merupakan salah satu jenis burung kicau yang berasal dari Indonesia daerah selatan, burung tersebut memiliki dua jenis diantaranya jenis gelatik timor dengan nama latin p. fuscata dan jenis yang satunya gelatik jawa dengan nama latin P. oryzivora, kedua tersebut mempunyai warna yang hampir sama akan tetapi salah satu postur tubuhnya ada yang lebih kecil. Adapun ciri khas dari gelatik ini pada bagian kepala berbulu hitam dan pipinya memiliki warna putih serta paruhnya yang berwarna merah.


Sebagai pengemar pada burung yang kita sukai sebaiknya kita dapat mengetahui jenis kenis kedua kelamin tersebut baik kelamin jantan maupun kelamin jantan, maka dari itu kita bisa mengembangbiakkan burung yang kita hobi, salah satunya yaitu tentang  gelatik, untuk pada saat ini kami akan memberikan ulasan tentang burung gelatik, lebih jelasnya silahkan baca artikel dibawah ini:


Ciri-ciri burung gelatik betina dan jantan

  • Warna pada bagian bulu
    Untuk jenis kelamin betina terdapat warna hitam pada bagian bawah paruhnya dan terlalu mengkilap dan warna bercak hitam pada daerah dadanya akan tetapi warna tersebut tidak sampai pada bagian ujung ekor, sedangkan untuk warna hitam jenis kelamin jantan lebih mengkilap berada pada daerah pangkal ekor dan perut.
  • Suara kicauan
    Cara membedakan kelamin gelatik juga di lihat dengan adanya suara kicauannya, biasanya untuk jenis kelamin jantan selalu berbunyi dengan banyak variasinya akan tetapi untuk jenis kelamin betina memiliki suara kicauan yang lebih monoton.
  • Warna pada paruh
    Warna pada paruh pada jenis kelamin betina dan kelamin jantan, untuk kelamin gelatik betina ditandai dengan warna paruhnya yang lebih terang di banding jenis kelamin jantan akan tetapi untuk jenis kelamin jantan warna merahnya cenderung lebih tua dan biasanya tanda tersebut lebih jelas jika siburung sudah mulai mutasi warna.
  • Lingkaran mata
    Lingkaran pada mata gelatik betina lebih tipis dari pada si jantan, sedangkan lingkaran pada jenis kelamin yang jantan cenderung lebih tebal.

Ke empat poin diatas merupakan cara akurat membedakan jenis gelatik jantan dan betiana, karena untuk mengetahu jenis kelamin burung banyak yang mengatakan cukuplah susah dan kewalahan jika tidak mempunyai refrensi atau pengalaman, biasanya hal tersebut sering alami oleh para pemula.

Setelah kita mengetahui jenis kelamin dari burung tersebut maka kita juga harus mengetahui dengan harga pasaran gelatik, Nah disini kami akan memberikan informasi tentang harga yang sesuai dengan pasaran, lebih jelasnya silahkan di baca dibawah ini:

Daftar harga burung gelatik berbagai jenis

  1. Jenis gelatik batu / gelatik wingko yang sudah mulai jinak memiliki harga pasaran Rp. 300.000.
  2. Jenis gelatik batu / gelatik wingko memiliki harga pasaran Rp. 80.000 hingga Rp.100.000.
  3. Jenis gelatik silver memiliki harga pasaran Rp. 650.000.
  4. Jenis gelatik putih memiliki harga pasaran Rp. 750.000 sampai Rp. 1.000.000.
  5. Jenis gelatik belong hutan / gelatik jawa memiliki harga pasaran Rp. 150.000.
  6. Jenis gelatik belong penagkaran / gelatik jawa memiliki harga Rp. 160.000 hingga Rp. 200.000.

Baca juga:

Harga tersebut merupakan harga yang sudah sesuai dengan adanya pasaran, jadi sewaktu-waktu pasti selalu ada perubahan, untuk kita yang sedang jadi penghobi dengan burung gelatik agara selalu mengecek harga yang ada pada pasaran, sehingga tidak ada kekecewaan pada saat selesai pembelian. Demikian artikel tentag gelatik semoga dengan adanya ulasan di atas dapat membantu bagi para pengemar khusus bagi para pemula.