11 Ciri-Ciri Burung Poksay Mandarin yang Harus Anda Tau

Salah satu jenis burung yang pada saat ini lagi ngetren dan mempunyai banyak penggemar yaitu burung poksay, walaupun ada banyak macam burung kicau, akan tetapi pada setiap pengemar burung memiliki rasa (selera) yang tidak sama seperti halnya ada orang menggemari jenis burung cucak ijo dan ada juga yang menggemari murai batu. Diantara jenis burung poksay yang pada saat ini jadi incaran para pengemar burung yakni poskay genting atau banyak yang mengatakan dangan sebutan poksay mandarin.


Adapun penyebarluasan dari jenis poksay mandarin sendiri tidak begitu banyak, di antaranya seperti Negara kita sendiri, Malaysia dan thailand. Sedangkan untuk di dalam Indonesia sendiri burung jenis ini tersebar di daerah Kalimantan dan daerah Sumatra. Burung tersebut hidup pada daerah sawah – sawah, perumputan dan pegunungan. Pada umumnya burung jenis ini disaat mencari makan di daerah daratan dia akan bersama teman-temanya seperti membentuk sebuah tim.

Sedangkan jenis makanan yang disukai dari burung tersebut seperti binatang sejenis serangga meliputi belalang, ulat dan jangkrik. Burung poskay pada akhir-akhir ini memiliki harga yang cukup melambung (mahal) hal yang demikian dikarenakan dari banyaknya faktor seperti dalam segi kicauan mapun segi fisik, faktor yang bisa membuat siburung poskay melambungkan harganya.

Untuk saat ini kami akan menjelaskan tentang ciri-ciri poksay genting (mandarin), mari kita simak penjelasan mengenai burung tersebut dibawah ini:

Ciri – ciri burung poksay mandarin

  1. Suara kicauan jenis betina dan jenis jantan tidak sama, jika poskay betina berkicau dengan satu jenis kicauan akan
  2. tetapi untuk jenis poksay jantan memiliki kicauan yang cukup bervariasi.
  3. Burung ini mempunyai mahkota dengan jenis warna coklat berkombinasi sedikit warna coklat.
  4. Memiliki postur tubuh yang berukuran 20 cm sampai 25 cm.
  5. Suara kicauan yang paling di lontarkan seprti “kwiiiiit… dan keer….”
  6. Sedang warna paruhnya yakni kuning ketuaan.
  7. Pada daerah mata terdapat warna putih yang melingkarinya dan bola matanya mempuyai warna hitam.
  8. Sedangkan bagian tubuhnya berwarna abu-abu mulai dari dadanya, punggung sampai ke ekornya.
  9. Pada daerah tunggir terdapat warna coklat.
  10. Memiliki ekor yang lumayan panjang.
  11. Mempunyai suara kicauan yang cukup berisik.

Demikianlah penjelasan diatas mengenai jenis burung poskay mandarin, semoga dengan adanya artikel tersebut bisa membantu para pengemar burung poksay, khususnya bagi para pemula sehingga tidak kebingungan dalam mengetahui jenis burung poksay genting (mandarin).