8 Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur Dalam Waktu Singkat

Menjodohkan jenis burung lovebird merupakan subuah aktifitas penggemar burung yang dapat membuahkan hasil yang cukup berlimpah, kerena burung lovebird merupakan salah satu jenis burung yang memiliki banyak peminat serta mempunyai harga pasaran yang cukup melambung. Jadi tidak heran lagi jika banyak penggemar burung lovebird dijadikan sebagai hobi yang menghasilkan.

Cara ternak lovebird agar cepat bertelur
Salah satu cara memelihara jenis burung ini agar mendapatkan hasil dengan berlimpah yaitu dengan cara berternak. Namun berternak lovebird tidak segampang dengan apa yang kita lihat, hal ini membutuhkan sebuah proses, perjuangan dan kesabaran. Maka dari itu kami akan berbagi tips cara ternak lovebird agar cepat bertelur secara banyak dalam waktu yang singkat, yuk kita simak ulasan dibawah ini.

Cara Ternak Burung Lovebird Agar Cepat Bertelur

Faktor Faktor yang Menyebabkan Lovebird Sulit bertelur

Terdapat Satu Jenis Kelamin

Burung lovebird merupakan salah satu burung yang cukup sulit dibedakan jenis kelamin antara jantan dan betina, karena pada saat kita ingin menjodohkan burung lovebird agar bisa bertelur yaitu harus terdapat 2 jenis kelamin jantan dan betina, jika kita masih belum mengetahui cara membedakan jenis kelamin lovebird jantan dan betina silahkan di baca terlebih dahulu cara membedakan kelamin lovebird disini.

Tidak Cukup Umur

Faktor yang kedua yang mempengaruhi lovebird menjadi lama proses bertelurnya yaitu tidak mengetahui umur lovebird yang kita akan jodohkan, apakah lovebird masih cukup umur atau tidak. Karena lovebird yang masih belum cukup umur (masih anakan) tidak akan mau kawin. Otomatis proses bertelurnya burung lovebird cenderung lebih lama.

Setelah kita mengetahui dari faktor yang menyebabkan burung lovebird tidak bertelur, maka kita langsung beralih pada ulasan cara ternak lovebird agar cepat bertelur dengan waktu yang cukup singkat.

8 Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur

1. Memberikan Makanan Suplemen

Langkah yang pertama cara ternak lovebird agar cepat bertelur dalam waktu yang singkat kita harus selalu memberikan asupan makanan yang mengendung suplemen yang tinggi, karena suplemen merupakan faktor utama untuk membentuk lovebird agar cepat bertelur.

2. Menganti Air Minum

Faktor yang juga mendukung atas berlangsungnya lovebird cepat bertelur yaitu dengan selalu mengganti minuman burung lovebird. Karena minuman jika tidak pernah diganti sama sekali, akan menyebabkan lovebird terganggu kesehatannya. Sehingga macet bertelur, untuk penggantiannya dapat dilakukan setiap hari.

3. Memberi Pakan Yang Berkalsium

Kalsium untuk burung lovebird sangat berguna untuk tulang sotong lovebird betina, yang nantinya dapat memiliki cadangan yang cukup untuk pengukusan sel telur (ovum).

4. Menjauhkan Dari Gangguan Hewan Yang Lain

Pada saat burung lovebird ingin bertelur biasanya tidak ingin diganggu oleh hewan lainnya seperti tikus, kucing, kecoak dan hewan lainnya. Karena jika burung lovebird selalu terganggu dengan hewan disekitarnya bisa lovebird tidak mengeluarkan telur.

5. Membuat Kandang lebih hangat

Faktor yang dapat burung lovebird lebih cepat bertelur yaitu dengan cara membuat kandang lovebird menjadi lebih hangat. Gimana caranya? Yakni dengan memberikan lampu dop pada atas kandangnya.

6. Memberikan Gelodok

Sarana agar lovebird cepat bertelur yaitu dengan memberikan gelodok di dalam sangkarnya, hal tersebut guna untuk menutupi lovebird betina pada saat ingin bertelur.

7. Memeberikan Sarang

Sarang merupakan wadah untuk telur agar tidak terkena permukaan yang keras, agar telur lovebird tidak pecah dan gagal menetas.

8. Menyediakan Pasangan Lovebird Lainnya

Cara ini berfungsi untuk memancing burung lovebird agar cepat melakukan perkawinan, begitu juga dengan satu jodoh yang satunya. Intinya kita harus menyediakan minimal 2 pasang lovebird nantinya saling memancing lovebird agar cepat melakukan perkawinan.

Baca juga15 Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Paling Akurat

Tips dan trik cara ternak lovebird agar cepat bertelur diatas saya dapatkan dari berbagai referensi di web internet. Jadi silahkan anda coba saja langsung di rumah anda, semoga tips ini bermanfaat dan berhasil. Monggo di share 🙂

ternak lovebird