Parkit Australia : Ciri Ciri dan 5 Cara Merawatnya dengan Benar

Mengenal jenis burung parkit australia merupakan burung yang termasuk sejenis burung lovebird atau juga sejenis dengan burung nuri, yang mana jenis burung ini bukan asli dari negara Indonesia sendiri. Akan tetapi jenis burung ini berasal dari negara belanda, amerika dan australia. Adapun burung parkit autralia mempunyai nama sebutan butgerigar dengan asal mula bahasa dari kata aborigin, dalam artian kata tersebut yaitu enak dimakan.

Jenis burung parkit australi adalah jenis burung yang melakukan pengembangbiakkan di Indonesia, dengan mempunyai beberapa variasi kombinasi warna, salah satunya yaitu warna kuning, biru dan abu-abu. Dan masih banyak warna lainnya yang berkombinasi warna tubuh jenis burung parkit ini.

Mengenal burung parkit australia
Jenis burung ini biasanya suka dengan jenis makanan seperti biji-bijian, buah-buahan dan sayuran. Dan burung ini juga memiliki sifat monogami yang cukup sulit dibedakan antara kelamin janta atau betina. Tidak seperti membedakan jenis kelamin lovebird jantan dan betina.

Dan masih banyak juga yang masih belum mengetahui tentang ciri umum dan cara perawatan burung parkit australia ini, sehingga banyak penggemar burung parkit khususnya pemula masih kebingungan. Maka dari itu agar kita tidak bingung lagi silahkan baca dengan cermat ulasan dibawah ini:

Mengenal burung parkit australia

Ciri-ciri Umum Jenis Burung Parkit Australia

  1. Mempunyai postur tubuh yang berwarna putih kekuningan.
  2. Pada bagian atas kepalanya memiliki bulu yang lebih panjang layaknya berrambut.
  3. Mempunyai paruh bengkok
  4. Pada bagian pipinya tepat pada bagian samping matanya terdapat warna orange berbentuk bundar.
  5. Daerah dada dan lehernya terdapat warna abu-abu.
  6. Sedangkan bagian sayapnya mempunyai warna putih kekuningan yang berkombinasi abu-abu.

5 Cara perawatan harian burung parkit Australia

1. Melakukan pembersihan sangkar

Perawatan yang pertama kita harus selalu membersihkan sangkarnya baik kotorannya, maupun tempat minum dan makannya. Semuanya yang terdapat dalam sangkar itu sangat penting untuk di bersihkan agar tidak dapat mengganggu atas kesehatan burung, yang nantinnya menimbulkan burung menjadi sakit sakitan dengan penyebab sangkar tidak dibersihkan.

2. Melakukan pemberian makanan yang cukup

Setelah kita membersihkan sangkar siburung, maka tahap selanjutnya merawat burung parkit australia yaitu memberi asupan makanan dan minuman yang cukup, sehingga tidak ada sisa makanan pada wadahnya dan menjadi basi. Maka efek dari makanan menjadi basi bisa menyebabkan penularan penyakit yang terdapat pada sisa makanan yang sudah basi.

3. Melakukan aktifitas pemandian

Pemandian dapat menyegarkan tubuh burung menjadi lebih sehat, yang mana pemandian bisa dilakukan setiap 2 hari 1x. Karena burung yang seslesai dimandikan tubuh akan lebih segar dan lebih aktif, sehingga tidak malas-malasan untuk mengeluarkan kicauannya. Proses memandikan burung sebaikknya melihat kondisi terlebih dahulu, karena jika cuaca mendung dan akan terjadi hujan, sebaiknya tidak memandikan burung, sebab akan tidak baik pada kondisi burung.

4. Melakukan penjemuran pagi hari

Pada saat proses pemandian burung parkit sudah selesai, kita harus melakukan perawatan selanjutnya yaitu melakukan penjemuran terhadap burung yang masih baru dimandikan, penjemuran bisa di jemur di tempat yang terdapat sedikit sinar mata hari dan angin yang sepoy.

5. Melakukan premaster

Perawatan yang terakhir kita harus melakukan pemasteran pada burung parkit australia, yang mana aktifitas sepeti ini dapat membantu burung menjadi berkualitas dalam mengeluarkan bunyi yang cukup bervariasi. Adapun waktu pemasteran yang baik bisa dilakukan pada sore hari.

parkit australia, burung parkit, parkit, Jenis burung parkit, harga parkit australia, parkit australia jenisnya yang lagi in, burung parkit australia, burung holland, asal mula burung parkit, warna parkit